Talkshow #BukanBakwan di SMPN 4 Depok

Puluhan bakwan dan kebersamaan memaknainya kembali terselenggara di salah satu sekolah kota Depok. Kali ini kegiatan positif dalam bentuk talkshow tersebut diadakan di SMPN 4 Depok pada Selasa, 2 Oktober 2018 pukul 10.00 hingga 12.13 Wib. Lebih dari 70 siswa-siswi mengikuti talkshow bertema #BukanBakwan ini. Beberapa di antaranya merupakan pengurus dan anggota Osis, sedangkan lainnya adalah pengurus dan anggota Rohis di SMPN 4 Depok.

Talkshow ini dibuka dengan sambutan singkat dari perwakilan sekolah, Bapak Masuddin sebagai bagian Kesiswaan. Bapak Masuddin sangat menyambut baik talkshow ini karena banyak nilai positif yang bisa diambil para siswa-siswi di SMPN 4 Depok setelah menyimak tema dan tujuan acara. Untuk itu, Bapak Masuddin mengimbau pada para peserta untuk tekun menyimak rangkaian talkshow.

Senada dengan imbauan Bapak Masuddin, para peserta dari SMPN 4 Depok tersebut begitu tenang dan tekun menyimak pemaparan materi positif dari pembicara. Ada saatnya mereka tertawa, bersorak, namun kemudian kembali tekun menyimak.

Kondisi ini terjadi saat pembicara pertama, Barlian Juliantoro yang merupakan seorang pegiat lembaga kemanusiaan bernama Kapiler Indonesia. Pada sesi pertama itu, Barlian memaparkan seputar volunteerism, mengajak lebih peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar, terutama membahas Kapiler Indonesia yang fokus menangani anak-anak yatim.

Suasana yang kondusif itu juga berlanjut saat pembicara kedua, yaitu M. Ryan Saputra, digital strategist di Gema Insani. Ryan mengajak para peserta untuk memaknai bakwan dengan analogi cowok bakwan yang dibahas dalam buku Cowok Bakwan Vs Cowok Tampan karya Yoga Aditama. Selain itu, Ryan juga mengajak para peserta untuk menjadi remaja Muslim dan Muslimah sejati, menyikapi perasaan cinta pada lawan jenis di usia remaja dengan semestinya, dan hal penting lainnya.

Seperti pada talkshow #BukanBakwan di sekolah-sekolah sebelumnya, pada acara di SMPN 4 Depok tersebut juga mengundang rasa antusias peserta saat dibukanya sesi tanya-jawab. Banyak yang ingin bertanya pada pembicara, namun mengingat durasi acara yang akan selesai, hanya ada 2 peserta yang dipersilakan bertanya.

Talkshow ini berakhir pada pukul 12.13 Wib yang ditandai dengan penyampaian rasa terima kasih kepada pihak sekolah dan para peserta yang hadir. Gema Insani juga memberikan 3 buku Cowok Bakwan Vs Cowok Tampan sebagai tambahan koleksi perpustakaan sekolah.